SEGALA SESUATU AWALI DENGAN BISMILLAH...

Kamis, 22 September 2011

9 KNOWLEDGE AREA


9 KNOWLEDGE AREA


Ø  Manajemen Lingkup Proyek(scope) yaitu proses-proses yang dibutuhkan, agar dapat dipastikan bahwa proyek telah mencakup seluruh pekerjaan yang benar-benar dibutuhkan, agar proyek berhasil diselesaikan. Pada manajemen lingkup proyek terdiri dari persiapan, perencanaan lingkup, penetapan lingkup, verifikasi dan pengendalian perubahan lingkup.

Ø  Manajemen Waktu Proyek(time) yaitu proses-proses yang dibutuhkan agar dapat dipastikan proyek selesai tepat waktu. Terdiri dari penetapan aktifitas, pengurutan aktifitas, perkiraan lama aktifitas, serta
penyusunan dan pengendalian jadwal.

Ø  Manajemen Biaya Proyek(cost) yaitu proses-proses yang dibutuhkan agar dapat dipastikan proyek selesai, sesuai dengan anggaran yang disetujui dan mengumpulkan data yang terkait biaya. Terdiri dari perencanaan sumber daya, perkiraan biaya, anggaran biaya dan pengendalian biaya.
 
Ø  Manajemen mutu(quality) melibatkan memastikan proyek itu memenuhi kebutuhan yang pada awalnya diciptakan untuk memenuhi, atau dengan kata lain, bahwa harapan pemangku kepentingan terpenuhi. Tiga proses wilayah Manajemen Kualitas yaitu perencanaan, quality assurance, quality control.
 
Ø  Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek(human resource) yaitu proses-proses yang dibutuhkan untuk menggunakan sumber daya manusia yang terlibat dalam proyek, secara paling efektif. Terdiri dari perencanaan organisasi, perekrutan staff dan pembangunan tim kerja.

Ø  Manajemen Komunikasi Proyek(comunication) yaitu proses-proses yang dibutuhkan untuk dapat dipastikan agar informasi proyek dapat dikumpulkan, disusun, disebar, dan disimpan. Terdiri dari perencanaan komunikasi, distribusi informasi, pelaporan kinerja, dan penyelesaian administratif.

Ø  Manajemen Resiko Proyek(risk) yaitu proses-proses yang berhubungan dengan pengidentifikasian resiko, kuantifikasi resiko, penyusunan penanggulangan resiko dan pengendalian penanggulangan resiko.

Ø  Manajemen Pengadaan Proyek(precurement) yaitu proses-proses yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa dari pihak lain. Terdiri dari perencanaan pengadaan, perencanaan tata cara undangan ke peserta, rapat undangan peserta, pemilihan peserta, pemilihan mitra, pelaporan serta administrasi kontrak kerja dan penyelesaian kontrak.
 
Ø  Manajemen Integrasi Proyek, menjelaskan berbagai proses yang
dibutuhkan, agar dapat dipastikan, berbagai elemen dari proyek
dikoordinasikan dengan baik. Manajemen integrasi terdiri dari pembuatan
rencana proyek, pelaksanaan rencana proyek dan pengendalian perubahaan
secara keseluruhan.







0 komentar:

Posting Komentar