SEGALA SESUATU AWALI DENGAN BISMILLAH...

Selasa, 19 Oktober 2010

PIS10-07_PERANGKAT DALAM PC

PERANGKAT DALAM PC
Ini adalah motherboard yaitu Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak. Dalam motherboard terdapat perangkat keras seperti RAM, Prosessor, hardisk,, LAN, CDroom,dll.

1. RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC. Pada sebuah komputer, terdapat berbagai macam tipe media penyimpanan. Baik media penyimpanan permanen maupun media penyimpanan sementara. Media penyimpanan permanen maksudnya adalah media di mana Anda bisa menyimpan data Anda dalam waktu lama dan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan. Sedangkan media penyimpanan sementara adalah media penyimpanan di mana data yang tersimpan di sana akan hilang jika komputer dimatikan ataupun kehilangan daya secara tiba tiba.


2. Processor – sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.


3. ROM - (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan. Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware (piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras).Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.


4. Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang.Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan
5. LAN - jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

6. CD-room - digunakan untuk membaca compact disk dalam bentuk audio atau CD-ROM. CD-ROM keluaran terbaru dapat membaca CD-R (CD yang dapat ditulis) dan juga CD-RW (CD yang dapat ditulis berulang-ulang). Kecepatan berputar dari CD-ROM biasanya tidak terlalu penting kecuali pada saat menginstall program, memainkan permainan (games) yang menggunakan CD-ROM drive, atau pada saat membuat CD dengan CD writer.

LANGKAH-LANGKAH MERAKIT KOMPUTER

1. Siapkan semua peralatan seperti motherboard.
2. Pasangkan processor. Lihat ujung-ujung processor yang biasanya ditandai dengan titik,lekukan atau segitiga.pasang dengan benar,jangan sampai salah ujung. lalu dikunci.
3. Memasang heatsink pada processor, karena processor menghasilakan panas yang tinggi sehingga dapat mengurangi konduksi panas tersebut.

4. Memasang RAM dengan memasukkannya ketempatnya.lalu jepit.

5. Memasang motherboard pada casing.
6. Mamasang power supply dibelakang casing, lalu hubungkan kabel power supply ke motherboard.
7. Memasang hard-disk dengan menghubungkan konektor hard-disk pada motherboard.
8. Memasang card adapter, biasanya seperti video card, sound, network, modem dan SCSI adapter.
9. Pasang penutup casing.

0 komentar:

Posting Komentar